Komentar Draghi Kecewakan Investor, Saham Asia Tambah Gejolak Global

Komentar Draghi Kecewakan Investor, Saham Asia Tambah Gejolak GlobalEquityworld Futures Medan : Saham Asia bergabung dengan aksi jual global menyusul skala stimulus lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa mengecewakan investor.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,7 persen ke level 132,63 pada pukul 09:03 pagi waktu Tokyo, dengan 496 saham turun dengan hanya 17 saham yang naik. Saham AS meraih penurunan terdalam dalam dua bulan sementara ekuitas Eropa jatuh setelah Presiden ECB Mario Draghi mengumumkan pemotongan suku bunga deposito dan penambahan pembelian obligasi yang tidak mencapai dari apa yang beberapa pedagang telah bayangkan. Sementara itu, Ketua Federal Reserve Janet Yellen menunjukkan kondisi untuk suku bunga yang lebih tinggi di AS telah terpenuhi, meningkatkan kemungkinan bank sentral akan menaikkan biaya pinjaman bulan ini menjelang laporan pekerjaan pada hari Jumat.

Pelonggaran tambahan ECB “yakni sekitar 60 persen dari apa yang diharapkan,” Mitsuo Shimizu, wakil manajer umum di Jepang Asia Securities Group Ltd di Tokyo, mengatakan melalui telepon. “Pasar berharap untuk beberapa sihir dari Draghi, tetapi sebaliknya kita mendapat kejutan lain dari Draghi”. (sdm)

Sumber: Bloomberg