Equityworld_MedanLaju inflasi konsumen China turun ke level terendah dalam empat bulan terakhir pada bulan Agustus kemarin, sementara harga di gerbang pabrik memperpanjang penurunan selama 30 bulan terakhir, menambahkan ruang bagi pemerintah untuk menambah stimulus guna mendukung perekonomian di tengah kemerosotan sektor properti.

Indeks harga konsumen naik sebesar 2 persen dari tahun sebelumnya, Biro Statistik Nasional mengatakan di Beijing hari ini, dibandingkan dengan 2,2 persen estimasi median dalam survei Bloomberg News dan 2,3 persen pada Juli. Indeks harga produsen turun sebesar 1,2 persen, dibandingkan dengan proyeksi penurunan sebesar 1,1 persen.

Para pemimpin China berusaha untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi setahun penuh sekitar 7,5 persen sekaligus menjaga kenaikan CPI(Consumer Price Index) sekitar 3,5 persen. Rilis angka pekan ini menunjukkan penurunan impor dan melambatnya suplai pasokan uang, menunjuk ke pelemahan permintaan domestik dan memperkuat kasus untuk menambah langkah-langkah untuk mendukung kegiatan ekonomi.

Perkiraan analis untuk inflasi konsumen Agustus berkisar antara 2 persen menjadi 2,7 persen. Proyeksi untuk harga produsen berkisar dari penurunan 0,6 persen menjadi penurunan 1,3 persen, menyusul penurunan 0,9 persen bulan sebelumnya. (izr)

Sumber: Bloomberg