Equity World Medan – Persaingan antar perusahaan teknologi semakin sengit demi menarik para pengguna. Fitur stories yang semula dikembangkan Snapchat kini diikuti oleh Instagram, Facebook, Path, WhatsApp. Twitter misalnya akan mengeluarkan konten video live streaming selama 24 jam non stop.

Twitter mengumumkan 14 layanan premium baru, yang diperluas sebagai konten premium live. Twitter bekerja sama dengan Bloomberg Media, Buzzfeees, Live Nation, NFL, WNBA, Viacom, Major League Baseball, the PGA, Ben Silverman’s Propagate, dan IMG Fashion. Sejumlah konten eksklusif, seperti acara olahraga live, konser, berita, dan hiburan akan dapat dinikmati di Twitter dengan adanya kolaborasi ini.

“Kami ingin menjadi tempat pertama, tempat Anda mendengar dan melihat apapun yang terjadi,” kata CEO Twitter, Jack Dorsey kepada Variety.

“Twitter adalah apa yang terjadi, dan apa yang orang bicarakan saat ini,” kata Chief Marketing Officer Leslie Berland.

Aplikasi yang telah memiliki basis pengguna yang besar ini sudah rupanya ingin lebih serius menghasilkan keuntungan, satu di antaranya menggunakan live streaming tersebut. Ide ini dikembangkan dengan menambah iklan video berdurasi 15 sampai 30 detik yang tak dapat dilewati (unskipable). Pada kuartal pertama 2017, Twitter sudah lebih dulu menayangkan 800 jam streaming terhadap konten-konten mitra mereka yang mencakup 450 kegiatan, dan sukses mengundang 35 juta pemirsa.

Keputusan Twitter berkolaborasi dengan program-program yang menyasar anak muda adalah sebuah keputusan yang sangat masuk akal. Program olahraga, musik, fashion, berita adalah sejumlah program yang paling diminati oleh generasi muda dan telah dipilih oleh Twitter.

Untuk program olahraga, program-program yang dihadirkan mencakup WNBA, MLB Advanced Media, Stadium, NFL, The Players Tribune, dan PGA Tour. Mulai akhir bulan ini, liga basket wanita akan streaming mingguan di program WNBA di Twitter, selama tahun 2017, 2018 dan 2019.

Selain game MLB mingguan yang mengalir di Twitter, ditayangkan juga program whip-around tiga jam, sekali dalam seminggu secara eksklusif di Twitter. Pertunjukan ini akan menampilkan permainan MLB live.

Stadium merupakan jaringan video 24 jam yang dijadwalkan diluncurkan di Twitter dalam beberapa bulan mendatang. Program ini akan menggabungkan antara acara olahraga langsung dari kampus-kampus dengan permainan klasik dan pemrograman studio live setiap hari.

Twitter juga akan memperpanjang kemitraannya dengan NFL dalam rangka menawarkan video pre-game live dan on-demand highlights. Sedangkan dalam Perusahaan media olahraga yang didirikan oleh Derek Jeter, The Player Tribune, akan diluncurkan “#Verified” sebuah pertunjukan langsung yang akan memungkinkan atlet terhubung langsung dengan para penggemarnya.

Penggemar dapat mengajukan pertanyaan dan berbagi bermacam topik, bahkan topik di luar lapangan. Dalam serial ini, dijadwalkan juga agenda wawancara reguler dari para profesional, termasuk Karl-Anthony Towns, A.J. Green dan Richard Sherman. Program olahraga lainnya adalah PGA Tour Live, yang menampilkan lebih dari 70 jam liputan kompetisi langsung di 31 turnamen.

Kanal hiburan, menghadirkan program dari Viacom, Live Nation, IMG Fashion, dan Propagate di Twitter. Twitter berkolaborasi dengan Viacom dalam menayangkan live-streaming liputan red carpet pra-pertunjukan dan jadwal acara langsung untuk MTV Movie and TV Awards pada 7 Mei 2017, BET Awards pada 25 Juni, dan MTV Video Music Awards pada 27 Agustus tahun ini.

Di Live Nation, promotor konser akan memberikan konten konser asli secara eksklusif di Twitter. Serial konser diluncurkan pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 dengan live stream dari Zac Brown Band di kampung halaman mereka di Atlanta.

Twitter bersama IMG Fashion akan meluncurkan program live pada September 2017 yang terdiri dari behind the scene eksklusif Fashion Week.

Propagate, studio yang dikepalai oleh Ben Silverman dan Howard T. Owens akan menampilkan “#WhatsHappening”. Sebuah tayangan hiburan yang mencakup budaya pop, musik, TV, tweet selebriti, dan diskusi dengan tren teratas. Peluncurannya sendiri akan dipandu oleh komedian Phoebe Robinson dari podcast 2DopeQueens.

Untuk kanal berita, Twitter bekerja sama dengan program dari Bloomberg, Buzzfeed News, The Verge, Breaker, dan Cheddar.

Dari rangkaian rencana layanan baru streaming itu, berdampak pada saham Twitter yang melonjak hampir 25% sejak layanan live streaming tersebut diumumkan pekan lalu. Para investor terdorong karena adanya konten live streaming.

Strategi tersebut merupakan upaya Twitter untuk membangun bisnisnya, setelah sebelumnya gagal bersepakat untuk menyiarkan liga American football, NFL dan merelakannya kepada Amazon. Menurut Chief Operating Officer Twitter, Anthony Noto, penambahan sejumlah kontributor live tersebut merupakan kesuksesan Twitter menggabungkan video streaming berkualitas tinggi dengan percakapan di Twitter.

Jack Dorsey juga menyatakan bahwa program ini adalah upaya Twitter menggabungkan pengguna Twitter dengan minat dan topik yang mereka sukai. Twitter mencoba fokus mengumpulkan orang-orang yang mempunyai minat yang sama dan menonton acara tersebut secara langsung dan bersama-sama di Twitter, strategi yang mumpuni untuk menarik pengguna, yang pasarnya cukup besar seperti AS. Meskipun konten live streaming yang ditawarkan masih fokus pada konten-konten di pasar AS, meski tak menutup kemungkinan ke depannya bisa menyasar negara-negara lain yang penggunanya cukup besar, termasuk Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat pengguna internet di Indonesia sendiri saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Anak muda dalam rentang usia 20-29 tahun mendominasi pengguna internet di Indonesia.

Jika menilik pasar dan mempertimbangkan basis pengguna twitter di Indonesia yang terus meningkat, maka sangat mungkin keberadaan layanan streaming 24 jam menjadi daya tarik baru bagi pengguna Twitter di dunia yang beberapa tahun terakhir pertumbuhannya mengalami perlambatan. Layanan live streaming 24 jam menjadi jawaban soal mau ke mana arah dari Twitter sebenarnya.

Sumber: tirto.id

PT. Equityworld Futures

EWF Medan