Lockdown Mulai Dibuka, Rupiah Lanjut Perkasa

PT Equityworld Futures Medan- Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Pelonggaran karantina wilayah (lockdown) di sejumlah negara membuat investor semakin yakin bahwa pandemi virus corona akan berlalu dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pada Rabu (15/5/2020), US$ 1 dihargai Rp 15.600 kala pembukaan perdagangan pasar spot. Rupiah menguat 0,06% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan penguatan tipis 0,06% di hadapan dolar AS. Padahal mata uang Tanah Air hampir sepanjang hari berkubang di zona merah, baru menguat jelang penutupan lapak.

Dengan demikian, apresiasi rupiah sejak awal bulan ini sudah mencapai 4,23%. Sejauh ini, April adalah milik rupiah.

Penguatan rupiah kemungkinan akan berlanjut hingga penutupan pasar hari ini. Pasalnya, ada sebuah sentimen positif yang luar biasa besar sedang menghampiri pasar dan membuat investor semringah.

Di AS, Presiden AS Donald Trump berencana untuk melonggarkan aturan lockdown dan pembatasan sosial (social distancing) yang menandakan serangan virus corona atau Coronavirus Desease-2019/Covid 2019 sudah agak mereda di Negeri Paman Sam. Ya, kurva jumlah kasus positif corona di AS memang semakin mendatar.

US Centers for Desease Control and Prevention mencatat jumlah pasien positif corona di AS per 14 April adalah 579.005 orang. Naik 4,35% dibandingkan hari sebelumnya. Meski begitu, kenaikan 4,35% adalah laju paling rendah sejak 29 Februari. Juga jauh di bawah rata-rata kenaikan harian sejak 2 Januari-April yang sebesar 19,28%.

“Dalam beberapa hari ke depan, Bapak Presiden akan mengumumkan sejumlah pengumuman penting terkait aturan social distancing. Kami ingin membuat masyarakat kembali bekerja, kami ingin melakukannya secepat mungkin. Namun keselamatan tetap yang utama. Jadi kebijakan tersebut harus melihat data dari para ahli kesehatan” ungkap Lawrence ‘Larry’ Kudlow, Penasihat Ekonomi Gedung Putih, seperti diberitakan Reuters

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan