Equityworld Futures Medan-Manufaktur secara tak terduga berkembang pada laju tercepat di bulan Mei, dibantu oleh peningkatan pesanan yang mengisyaratkan pabrik-pabrik di AS mengalami rebound dari kemerosotan di awal tahun 2016.

Indeks Institute for Supply Management (ISM) naik menjadi 51,3 dari 50,8 pada bulan April, data dari kelompok Tempe yang berbasis di Arizona, menunjukkan pada hari Rabu. Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg dari 81 ekonom menyerukan 50,3.

Pabrik-pabrik memanfaatkan kenaikan dalam pemesanan dari AS dan luar negeri untuk membantu memangkas persediaan, meletakkan dasar untuk keuntungan yang lebih besar dalam produksi di akhir tahun. Kenaikan harga minyak baru-baru ini mungkin juga akan membantu membendung kemerosotan di antara produsen energi yang telah memberikan kontribusi untuk investasi bisnis yang lemah.

Perkiraan untuk indeks manufaktur dalam survei Bloomberg berkisar antara 49 hingga 52, menurut survei Bloomberg dari 80 ekonom.

Indeks pesanan baru sedikit berubah pada 55,7 dibandingkan dengan 55,8 pada bulan April. Indeks produksi melemah ke 52,6 dari 54,2.(frk)

Sumber: Bloomberg