equityworld Futures Medan Produsen Inggris memangkas produksi di laju tercepat dalam satu tahun pada bulan Juli seiring trauma Brexit mengguncang perekonomian Inggris namun survei menunjukkan penurunan terbukti hanya berumur jagung.

Output turun 0,9 persen dari bulan Juni, jauh melebihi penurunan 0,3 persen yang diperkirakan dalam survei Bloomberg, data Kantor Statistik Nasional yang diterbitkan Rabu menunjukkan. Total produksi industri naik 0,1 persen, berkat lonjakan dari produksi minyak dan gas.

Angka-angka tersebut mencerminkan pukulan awal kepada kepercayaan yang ditimbulkan oleh keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Sembilan dari 13 sektor manufaktur mengalami penurunan produksi pada bulan Juli, dipimpin oleh obat-obatan dan peralatan transportasi, kata ONS.

Namun, baik indeks utama manufaktur dan jasa merasakan rebound yang kuat pada bulan Agustus, survei pembelian manajer baru-baru ini menunjukkan, sehingga meningkatkan harapan bahwa Inggris akan terhindar dari resesi yang diperkirakan beberapa analis akan terjadi setelah referendum 23 Juni.

Pemulihan tak terduga perekonomian telah mendorong para pedagang untuk memangkas taruhan pada pemotongan suku bunga lain tahun ini dan mengirim sterling ke level tertinggi trade-weighted sejak Juli. Morgan Stanley, Credit Suisse Group AG dan Goldman Sachs Group Inc semua merevisi prakiraan ekonomi untuk Inggris mereka minggu ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg