2013-04-02_16 53 36-311202Mayoritas saham-saham Hong Kong turun karena operator saham kasino Makau memimpin penurunan. Saham Kunlun Energy Co melonjak terkait spekulasi akan mengakuisisi pemasok gas alam.

Saham Sands China Ltd turun sebesar 1,2 persen pasca laba perusahaan Macau gaming meleset dari perkiraan. Saham Sinotrans Ltd, penyedia jasa logistik, turun sebesar 9,4 persen setelah mengatakan pihaknya berencana untuk menaikkan penjualan saham senilai HK$ 1.68 miliar (US$217 juta). Saham Kunlun Energy melonjak sebesar 7,4 persen, kenaikan terbesar pada ekuitas acuan Hong Kong.

Indeks Hang Seng bergerak mendatar pada level 23,520.87 pada penutupan perdagangan di Hong Kong pasca menghapus kenaikan sebesar 0,3 persen. Sekitar tiga saham turun untuk setiap dua saham yang menguat terkait volume perdagangan sebesar 16 persen lebih rendah dari 30-hari rata-rata perdagangan yang sedang berlangsung. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, turun sebesar 0,1 persen ke level 10,467.06. Rilis data kemarin menunjukkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) China meningkat untuk pertama kalinya dalam tiga kuartal terakhir.

Indeks Hang Seng menguat sebesar 0,9 persen tahun ini, membalikkan kerugian pasca laporan menunjukkan ekonomi China mulai stabil setelah pemerintah mengeluarkan stimulus yang ditargetkan untuk menopang pertumbuhan. Indeks diperdagangkan pada 11 kali pendapatan yang diestimasikan, dibandingkan dengan 7,3 untuk indeks H-Share dan 16,7 untuk indeks Standard & Poor 500 kemarin.

Saham Kunlun Energy melonjak sebesar 7,4 persen ke level HK$ 13,12. The Hong Kong unit China National Petroleum Corp akan mengakuisisi saham tidak terdaftar PetroChina Kunlun Gas Co, menurut pejabat yang mengetahui rencana tersebut. CNPC, produsen energi terbesar di China, bertujuan untuk membentuk sebuah perusahaan gas alam tunggal untuk bersaing dengan rival pribadinya sebelum masuknya gas Rusia pada akhir dekade ini. (izr)

Sumber: Bloomberg