Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Dolar Australia menguat ke level 1 bulan tertingginya setelah rilis data pemerintah menunjukkan tingkat pengangguran Negeri Kangguru bulan Desember secara mengejutkan turun.Mata uang Australia catat gain 0.5% terhadap semua 16 mata uang lainnya setelah para trader menurunkan spekulasi bahwa Reserve Bank akan menurunkan suku bunga selama 12 bulan kedepan. Sementara yen menahan kenaikan terhadap dolar selama 4 hari terakhir ini akibat reli Bursa Saham Jepang yang telah mengurangi permintaan akan aset safe haven. Won Korea Selatan melemah setelah bank sentral menetapkan suku bunga pada rekor terendah.

Dolar Australia catat gain 0.7% ke level 82.09 sen AS pukul 10:29 pagi ini waktu Tokyo setelah sempat menguat ke level 82.55 sen pada 12 Januari lalu yang merupakan level tertinggi sejak 16 Desember tahun lalu. Aussie telah reli sebesar 2.2% sejak turun ke level 5 tahun terendah 80.33 pada 7 Januari lalu.

Tingkat pengangguran Australia bulan lalu turun menjadi 6.1% dari revisi 6.2%, seperti yang disampaikan oleh kantor statistik di Sydney. Angka tersebut dibandingkan dengan perkiraan rata-rata dari para ekonom oleh survey Bloomber News yang menyatakan 6.3%. Sementara angka orang-orang yang memperoleh pekerjaan naik sebesar 37,400. (bgs)

Sumber : Bloomberg