Equity World Medan – Selama ini, sudah terpatri di kebiasaan kita bahwa membuka rekening bank harus datang ke kantor bank serta diharuskan membawa berbagai dokumen. Namun kini, membuka rekening bisa lewat aplikasi di ponsel pintar atau smartphone.

Pembuatan rekening bank ternyata bisa lebih dipermudah dan dipercepat serta tanpa menggunakan dokumen. Hal tersebut yang dibangun Bank Tabungan Pensiun Nasional ( BTPN) dengan produknya digital banking yang berbasis aplikasi smartphone Jenius sejak Agustus 2016.

Dengan aplikasi Jenius, seseorang dapat membuka rekening tanpa harus datang ke kantor cabang. Semua proses konvensional itu bisa diganti hanya dengan beberapa ketukan di ponsel.

Digital Banking Value Proposition & Product Head BTPN, Irwan Sutjipto Tisnabudi mengatakan, dengan Jenius seseorang bisa membuka rekening dalam 10 menit sampai 15 menit. Seseorang hanya bermodalkan dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk membuka rekening BTPN.

Irwan menjelaskan, pembukaan rekening tanpa perlu deposit uang dan tidak ada biaya bulanan. Kemudian, terang Irwan, nasabah bisa mengatur waktunya sendiri melalui aplikasi untuk bertemu agen BTPN untuk pengambilan kartu debit.
Kartu Jenius dari BTPN.Jenius.com Kartu Jenius dari BTPN.

“Tatap muka itu karena merupakan syarat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebetulnya yang disebut digital banking itu end to end. Artinya, dari buka rekening sampai transaksi tidak perlu datang ke bank,” ujar Irwan di Kantor BTPN, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Irwan mengungkapkan, terdapat 17 fitur mulai dari tabungan dan transaksi yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya, yakni “Flexi Saver”, fitur untuk menarik dan menyetor dana tanpa terikat dengan periode waktu tertentu.

“Flexi Saver” ini memiliki bunga 5 persen per tahun. “Kami juga ada fitur ‘Send It’ yang sama seperti transfer, tetapi bisa transfer melalui nomor telepon dan e-mail. Ada juga ‘Cashtag’, jadi nama pengganti nomor rekening. Jadi orang bisa transfer dengan nama ‘Cashtage’ tanpa harus menginput nomor rekening. Cashtag ini masih Jenius to Jenius,” jelas dia.

BTPN juga telah menambah fitur dalam digital bank Jenius. Salah satunya “Maxi Saver” yang mirip deposito. Para nasabah dapat membuka deposito mulai dari Rp 10 juta dengan bunga hingga 6,25 persen per tahun.

BTPN menjamin transaksi di Jenius terjamin keamanannya. “Kami juga pakai sistem keamanan mutakhir,” pungkas dia.

Sekadar informasi, hingga kini aplikasi Jenius telah diunduh di PlayStore sekitar 1 juta pengguna. Nasabah Jenius per Juni 2017 tercatat mencapai 301.000 nasabah.

Sumber: Kompas.com

PT Equityworld Futures
EWF Medan