Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Bursa Saham Asia melemah seiring minyak mentah berada pada level 5 1/2 tahun terendah sehingga menekan saham perusahaan energy, sehingga yen menguat. Selain itu penurunan Bursa Saham AS ikut memberikan tekanan penurunan kepada Bursa Saham Jepang pada pagi ini pasca libur kemarin.
Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.4% ke level 137.32 pukul 9:01 pagi waktu Tokyo menjelang pembukaan Bursa Saham Hong Kong dan China. Sementara yen menguat 0.1% ke level 118.26 per dolar setelah kemarin menguat 0.1%. Kemarin Indeks Standard & Poor 500 melemah 0.8% setalah juga mengalami penurunan 0.8% pada 9 Desember lalu.
Penurunan pada laju harga minyak mentah akibat Goldman Sachs Group Inc. dan Societe Generale SA menurunkan perkiraan harga komoditas ditengah proyeksi penurunan ekonomi global yang akan berlanjut. Data neraca perdagangan China yang akan dirilis pagi ini diperkirakan akan menunjukkan ekspor bulan lalu tumbuh 6%, sedangkan impor turun 6.2%, menurut perkiraan rata-rata survey para ekonom oleh Bloomberg. (bgs)
Sumber: Bloomberg