Nikkei Jepang tergelincir pada hari Senin seiring investor mengunci keuntungan mereka, bersiap untuk detail lebih lanjut tentang kebijakan perdagangan pemerintahan Trump, dengan saham penghasil baja dan ekspedisi memimpin penurunan.

Indeks Nikkei turun 0,9 persen ke level 19,111.90 pada istirahat perdagangan di Tokyo, berjalan mendekati level terendah dua minggu yang disentuh pekan lalu, dan memusnahkan semua kenaikannya sepanjang tahun ini. Indeks Topix turun 0,8 persen ke level 1,531.94.

Reli ekuitas sejak terpilihnya Trump momentum setelah mencapai posisi ˜double top™ di sekitar level 19.600 pada akhir Desember dan awal Januari menyusul kembali pulihnya yen dari posisi terendahnya.

Di pasar Tokyo, sektor yang telah mendapat keuntungan dari harapan bahwa rencana Trump pada belanja infrastruktur yang besar akan meningkatkan permintaan global, seperti saham penghasil baja dan ekspedisi, menjadi saham berkinerja terburuk.

Pembuat baja jatuh 2,5 persen, dengan pemimpin industri Nippon Steel jatuh 3,9 persen. Ekspeedisi turun 2,0 persen.

Saham defensif dan saham yang berorientasi permintaan domestik seperti perusahaan makanan dan pembangun bernasib lebih baik, turun hanya sekitar 0,5-0,6 persen.

Dari 33 subindeks industri di Tokyo Stock Exchange, semuanya kecuali satu subindeks memerah, dengan sektor penerbangan membukukan keuntungan ringan berkat penguatan yen dalam beberapa sesi terakhir. (sdm)

Sumber: Reuters