Equityworld_Medan Equityworld Futures Medan : Laju nilai tukar Rupiah mampu bergerak di teritori positif di awal pekan. Pergerakan sejumlah mata uang Asia Pasifik yang bergerak menguat juga berimbas positif pada laju IHSG.

“Laju Rupiah di atas level resisten 12.194. Laju penguatan Rupiah terbantukan dengan terapresiasinya nilai tukar regional terhadap USD,” ujar Analis Woori Korindo, Reza Priyambada dalam riset hariannya, Jakarta, Selasa (18/11).

Menurut dia, nilai tukar Yuan menguat menyusul resminya bursa saham Hong Kong dan Shanghai terkoneksi dalam lalu lintas perdagangan yang diperkirakan akan meningkatkan permintaan Yuan. Di sisi lain, rendahnya pertumbuhan GDP Jepang telah membuat laju Yen meningkat dan berimbas pada laju mata uang Asia lainnya.

“Diharapkan penguatan ini dapat berlanjut sehingga mengurangi tekanan pada Rupiah. Rp 12.205-12.189 (kurs tengah BI),” jelas dia.

Sebelumnya, awal pekan kemarin Senin (17/11), nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di menguat 20 poin menjadi Rp 12.180 dibandingkan posisi sebelumnya Rp 12.200 per USD.

[bim]