Equityworld Futures Medan – Dalam pidato terakhirnya di PBB hari Selasa (20/9), Presiden Barack Obama menegaskan komitmen kuatnya atas multilateralisme dan badan dunia itu.

œKita bisa memilih untuk maju dengan model kerjasama dan integrasi yang lebih baik atau kita bisa mundur menjadi dunia yang terpecah tajam dan akhirnya dalam konflik lama negara, kesukuan, ras dan agama,, ujar Obama di hadapan para pemimpin dunia Selasa pagi.

œSaya menyerukan kepada Anda bahwa kita harus maju terus dan bukan mundur, tegasnya.

Presiden Obama “ yang masa jabatannya akan berakhir pada Januari mendatang “ berbicara tentang kemajuan yang dicapai dalam delapan tahun masa jabatannya, termasuk mengurangi kemiskinan ekstrem, menyelesaikan isu nuklir Iran, membuka kembali hubungan diplomatik dengan Kuba dan menyetujui perjanjian perubahan iklim internasional.

œIni merupakan pekerjaan penting yang telah membuat perbedaan nyata pada kehidupan warga kita dan ini tidak akan terjadi jika kita tidak bekerjasama, ujarnya. Tetapi Obama mengingatkan bahwa ada kekurangan dalam aturan internasional yang menimbulkan krisis pengungsi besar-besaran, gangguan ekonomi dan ketidakamanan.

Sumber : VOA