Equity World Medan – Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) memantau terjadinya gangguan pada ribuan ATM akibat adanya anomali pada satelit Telkom 1.

Plt Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo menyatakan, pihaknya memastikan layanan nasabah tidak terganggu meskipun ada jaringan ATM di beberapa bank yang terdampak.

ATM yang terdampak gangguan adalah mesin ATM yang menggunakan VSAT yang terhubung dengan satelit Telkom-1. ATM ini umumnya berada di remote area alias area yang cenderung terpencil.

“Sebagian besar ATM dan jaringan kantor bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optic (serat optik) dipastikan tidak terkendala untuk beroperasinya ATM dan layanan kantor cabang melayani masyarakat,” kata Anto dalam pernyataan resmi, Minggu (27/8/2017).

Anto menjelaskan, pihaknya bersama Bank Indonesia (BI) selaku otoritas sistem pembayaran tengah melakukan koordinasi dengan pihak Telkom.

Tujuannya adalah untuk melakukan langkah mitigasi agar seluruh layanan perbankan segera dapat beroperasi normal sepenuhnya.

Selain itu, OJK juga telah meminta kepada perbankan untuk melakukan mitigasi dan komunikasi publik menggunakan sarana komunikasi bank yang dapat dihubungi nasabahnya.

“Masyarakat diminta untuk melakukan konfirmasi kepada call-center bank jika menemui kesulitan dan tidak mudah percaya dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelas Anto.

Sumber: Kompas.com

PT. Equityworld Futures
EWF Medan