Pagi Ini Dolar AS ‘Gencet” Rupiah ke Rp 14.515

Equity World Medan -Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini kembali menguat. Dolar AS kini telah menyentuh level Rp 14.515.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Senin (10/12/2018). Hingga pagi ini dolar AS tercatat sudah menekan rupiah 60 poin dari level Rp 14.455 ke level Rp 14.515.

Dolar AS sendiri telah menekan rupiah dalam waktu seminggu terakhir setelah seminggu sebelumnya ditekan hingga ke level Rp 14.200-an. Setelah berhasil menguat hingga awal Desember, rupiah kini kembali ditekan dolar AS hingga ke level Rp 14.500-an.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sendiri mengaku heran atas naik turunnya harga rupiah. Salah satu yang dia soroti adalah pelemahan nilai Rupiah yang dipicu penangkapan putri pendiri telekomunikasi China Huawei, Meng Wanzhou kemarin.

Darmin mengaku bingung dengan respons pasar global terhadap hal ini. Apalagi respons pasar justru malah menekan nilai mata uang rupiah.

“Ya, tahu tahu melemah, ini memang dunia ini aneh sekali. Ada CFO nya Huawei ditangkap, malah goyang dunia,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat lalu (7/12).

Meskipun begitu, Darmin yakin dengan penguatan nilai rupiah. Asalkan, pemerintah Indinesia terus menjaga kepercayaan dan iklim pasar.

“Ada tetap ada, yang penting kita tetap pelihara confidence dari market. Kita bikin kebijakan misalnya untuk ekspor apa, kita pelan pelan lah, satu per satu dipelihara iklim dan confidence nya, itu (nilai rupiah) akan menguat,” ungkapnya.

Sumber : detik.com

PT. Equityworld Medan
EWF Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2018
Loker EWF Medan