Equityworld_MedanHarga emas stabil pada hari Rabu, karena prospek permintaan untuk musim liburan akhir tahun juga menawarkan beberapa dukungan.

Di Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $ 1,235.60 per troy ounce, turun 0,09%, setelah mencapai level terendah semalam di $ 1,232.60 dan tertinggi pada $ 1,242.60.

Semalam, harga emas naik karena pelaku pasar tidak ingin melepas posisi emas atau dolar sampai Federal Reserve merilis pernyataan kebijakan moneter pada hari Rabu.

The Fed diperkirakan akan terus melakukan kebijakan moneternya dengan masih terjadinya beberapa ketidakpastian mengenai pertumbuhan ekonomi AS sehingga membuat FOMC sedikit berhati-hati mengeluarkan pernyataan.

The Fed diperkirakan tidak akan melakukan sesuatu yang berbeda pada pertemuan bulan sebelumnya. Investor bagaimanapun juga akan menganalisa komentar Fed terhadap prospek perekonomian. Selain itu, pernyataan ketua the Fed, Janet Yellen menyusul pengumuman keputusan akan juga di analisa. Pasar sedang mencari kejelasan mengenai rencana kenaikan suku bunga the Fed.

Pasar dan harga emas kemungkinan akan sedikit bergerak volatile jelang pernyataan FOMC pada hari Kamis pukul 01.00 WIB.

Data resmi menunjukkan bahwa inflasi harga produsen AS datar bulan lalu, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 0,1% setelah naik 0,1% pada bulan Juli.

Inti PPI, yang tidak termasuk makanan, energi, dan perdagangan naik 0,1% pada bulan Agustus, sesuai dengan harapan, setelah meningkat 0,2% pada bulan Juli.

China mungkin akan bergabung dengan negara-negara berkembang lainnya untuk meningkatkan cadangan emas dengan mengurangi kepemilikan valuta asing dibanding dengan negara-negara maju.

Beijing masih belum mengumumkan perubahan cadangan emas sejak tahun 2009 dengan kepemilikan sebesar 1,054.1 metrik ton. Sementara China yang memiliki cadangan devisa terbesar di dunia, dilaporkan hanya mempunyai 1,1% cadangan emas dari total cadangan devisanya, dibandingkan dengan 70% untuk Amerika Serikat dan Jerman, pemegang emas terbesar, menurur World Gold Council.

Cadangan devisa China yang merupakan negara ekonomi terbesar kedua, telah hampir meningkat dua kali lipat menjadi $ 3.99 triliun sejak April 2009 ketika mengumumkan perubahan kepemilikan emas, menurut data dari State Administration of Foreign Exchange.

Tahun lalu, China yang juga sebagai negara produsen emas terbesar juga menjadi negara pengguna emas setelah harga emas mengalami penurunan dan mendorong pembelian emas fisik.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di $ 1,234.86 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1,230.35 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di area $ 1,236.73 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance $ 1,239.37 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di $ 1,243.88.

Perak untuk pengiriman Desember turun 0,01% pada $ 18,720 per troy ounce. Tembaga berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,06% pada $ 3,16 per pon.