Pekerjaan di Australia Bulan September Tanpa Diduga Jatuh, Aussie TurunEquityworld Futures Medan : Pengusaha Australia tiba-tiba memotong pekerjaan pada bulan September, menandakan rekor suku bunga yang rendah belum mampu menempatkan perekonomian pada pijakan yang berkelanjutan dan menutup kerugian penurunan dalam investasi pertambangan.

Pekerjaan turun 5.100 dari level pada bulan Agustus dibandingkan dengan perkiraan median dari 9.600 peningkatan.

Tingkat pengangguran berada di level 6,2 persen, sesuai dengan perkiraan median.

Pekerjaan penuh waktu turun 13.900; paruh waktu naik 8.900

Tingkat partisipasi, indeks angkatan kerja sebagai proporsi penduduk, turun ke level 64,9 persen dari 65 persen pada Agustus dan dibandingkan dengan perkiraan median dari 65 persen

Bank sentral memangkas suku bunga acuan ke terekor rendah yakni 2 persen pada Mei, tetapi investasi oleh perusahaan non-pertambangan sejauh ini masih gagal terangkat meninggalkan pembangunan perumahan sebagai salah satu dari sedikit titik terang dalam perekonomian.

“Daya tahan pasar ketenagakerjaan menutupi lemahnya tren fundamental, yang cenderung membebani permintaan domestik di masa depan,” Konstantinos Venetis, ekonom di Lombard Street Research, mengatakan dalam sebuah catatan penelitian menjelang rilis. “Tugas RBA hanya akan menjadi lebih sulit dari sini. Gejolak makro domestik dan eksternal berisap untuk diintesifkan, membelokan risiko untuk pertumbuhan PDB riil ke bawah. ”

Dolar Australia jatuh dan diperdagangkan pada level 73,11 sen AS pada pukul 11:34 siang waktu Sydney, dari level 73,40 sen sebelum data dirilis. (sdm)

Sumber: Bloomberg