Equityworld_MedanPenjualan ritel Australia juli lalu naik sebesar 0,4% dari bulan sebelumnya, menurut rilis data dari biro statistik Australia hari ini, sesuai dengan kenaikan yang diperkirakan oleh para ekonom sebelumnya.

Kepercayaan konsumen cukup tinggi pada bulan Juli lalu, rebound dari penurunan tajam pada Mei lalu terkait pajak dan pemangkasan belanja pemerintah yang terkandung dalam anggaran tahun 2014-2015.

Penjualan ritel untuk bulan Juni lalu menunjukkan kenaikan sebesar 0,6%. Gabungan kenaikan dari bulan Juni dan Juli merupakan yang tertinggi sejak awal tahun ini, yang menunjukkan bahwa tingkat suku bunga rendah membantu untuk memacu kepercayaan konsumen.

Kenaikan bulanan baru-baru ini dipimpin oleh belanja pada department store, kafe dan restoran.

Kemarin bank sentral mempertahankan tingkat suku bunga sebesar 2,5% pada pertemuan pembahasan kebijakan, menunjukkan tidak ada perubahan untuk beberapa waktu kedepan karena menunggu kenaikan pada belanja konsumen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Investasi pada sektor pertambangan yang turun telah menyeret pada pertumbuhan ekonomi, dengan menunjukkan pelambatan sebesar 0,5% pada kuartal kedua dari kuartal pertama, laju kuartalan yang melambat dalam lebih dari setahun terakhir. (knc)

Sumber : MarketWatch