11.b.Pasar-Properti-Melemah-Tahun-IniPenjualan rumah baru dan yang sudah ada di AS akan menurun pada tahun 2014 untuk pertama kalinya dalam empat tahun, Mortgage Bankers Association (MBA) mengatakan dalam perkiraan hari ini.

MBA menurunkan prospek menjadi 5.280.000 rumah – penurunan dari 4,1 persen dari tahun sebelumnya. Kelompok industri itu juga mengatakan bahwa pinjaman hipotek untuk pembelian akan mencapai total $ 595 milyar tahun ini, turun 8,7 persen dari 2013, dan untuk pertama kalinya menurun dalam tiga tahun terakhir, menurut proyeksi MBA hari ini.

Naiknya harga rumah dan upah yang stagnan mempersulit warga Amerika untuk mendapatkan hipotek di tengah standar kredit yang ketat. Harga rata-rata rumah yang telah ada naik 11,5 persen pada tahun lalu, hanya kedua yang mendapat keuntungan 12 persen pada tahun 2005, sehingga ini menjadi rekor tertinggi, menurut National Association of Realtors. Rata-rata pendapatan rumah tangga AS naik kurang dari 1 persen pada 2013, menurut data dari Sentier Research LLC di Annapolis, Maryland.

‘Meskipun secara teknis kita masih dalam pemulihan, tingkat  pendapatan rumah tangga masih lebih rendah dari pada masa resesi ekonomi yang lalu,’ kata Gordon Hijau, mitra Sentier yang sebelumnya menjadi direksi kantor Biro Sensus yang mengkompilasi statistik upah. ‘Hal ini jauh lebih sulit untuk membeli rumah.’ (vck)

Sumber: Bloomberg