Equityworld_Medanequityworld Futures Medan : Emas berjangka melonjak ke level 6 pekan tertingginya akibat penurunan di pasar ekuitas menghidupkan kembali permintaan untuk logam sebagai safe haven. Sementara perak menguat lebih dari 5 %.

Lebih dari $ 100 miliar dihapus dari nilai pasar ekuitas dunia kemarin, dan saham global melemah lagi hari ini. Emas memperpanjang kenaikan seiring mata uang dolar menuju penurunan terbesarnya dalam sebulan terakhir terhadap 10 mata uang utama.

Sejak 7 November lalu, logam telah naik sebesar 9 % dari level 4 tahun terendahnya. Tanda-tanda bahwa bank sentral di Eropa dan Asia akan meningkatkan jumlah uang beredar untuk meningkatkan daya tarik emas sebagai penyimpan nilai. Harga minyak berayun meningkatkan volatilitas bullion sebagai pedagang menilai prospek inflasi.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Februari menguat sebesar 3,1 % ditutup pada level $ 1.232 per ons pada pukul 1:52 siang di Comex New York. Sebelumnya, harga emas mencapai level $ 1.239, yang merupakan kenaikan tertingginya untuk kontrak teraktif sejak 23 Oktober lalu. Perdagangan agregat adalah 54 % di atas rata-rata 100 hari, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg