REPUBLIKA.CO.ID, Jika layar smartphone masih kurang memenuhi kebutuhan Anda, tak ada salahnya untuk melirik perangkat yang satu ini, PaperFold. PaperFold memungkinkan penggunanya untuk melipat dan mengubah ukuran layar dalam sekejap.

Layar bisa dilipat, dibuat terpisah dan membaliknya untuk membuat bentuk yang berbeda dan bahkan bisa dijadikan sebagai mini laptop.

Perangkat yang masih berstatus prototipe ini menggunakan layar e-ink sederhana. Namun dikemudian hari bukan tidak mungkin PaperFold akan mengusung layar warna full HD. Prototipe ini juga bukan tidak mungkin akan mengubah desain smartphone di masa mendatang.

PaperFold digagas oleh tim desainer asal Kanada. Dr Vertegaal, seorang profesor dari Universitas Queen mengungkapkan, masing-masing layar dari PaperFold bisa dijalankan secara terpisah atau digabungkan dalam satu sistem.

“Ini memungkinkan menjadikannya menjadi beberapa bentuk perangkat, mendukung pekerjaan mobile yang membutuhkan layar besar atau keyboard on demand sementara tetap mempertankan perangkat yang kecil, tipis dan ringan,” ujarnya dilansir Daily Star, Sabtu (3/5).

Meningkatnya tren penggunaan perangkat phablet menandakan orang membutuhkan perangkat berlayar besar untuk melihat konten digital. Dan kehadiran PaperFold dipercaya bisa memenuhi kebutuhan ini namun tetap dengan bentuk yang bisa dikantongi di dalam saku celana.