Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Ekonomi Australia melambah dibanding perkiraan para ekonom dalam tiga bulan terkahir hingga September, menggarisbawahi keputusan bank sentral untuk mempertahankan suku bunga pada rekor rendah. Mata uang jatuh.

GDP kuartal ketiga naik 0,3% dari tiga bulan sebelumnya, ketika naik 0,5%, ditunjukan oleh Biro Statistik yang dirilis di Sydney hari ini. Hasil dibandingkan dengan perkiraan rata-rata naik sebesar 0,7% menurut survei Bloomberg News dari 29 ekonom.

Reserve Bank of Australia (RBA) telah mempertahankan suku bunga acuan untuk tidak berubah pada rekor rendah dalam 16 tahun terakhir karena berusaha untuk mendorong tingkat belanja konsumen dan perusahaan untuk mengimbangi investasi pertambangan. Perusahaan-perusahaan Australia, di luar properti, telah memilih untuk membayar dividen atau pembayaran tunai daripada berinvestasi dalam proyek-proyek baru yang menunggu kebutuhan rumah tangga yang lebih tinggi, yang telah teredam oleh tingkat pengangguran yang berada di level 11 tahun tertinggi.

Dolar Australia diperdagangkan pada level 84,03 sen  pada 11:33 siang di Sydney dari level 84,62 sen sebelum rilis data.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh sebesar 2,7% pada kuartal ketiga, laporan hari ini menunjukkan. Perkiraan rata-rata ekonom untuk kenaikan menjadi 3,1%.(yds)

Sumber: Bloomberg