PT Equityworld Futures – Ekonomi China tetap stabil pada kuartal ketiga, semua tetapi memastikan target pertumbuhan pemerintah dalam setahun penuh yang akan tertekan dan mencari cara untuk beralih kebijakan terhadap mengekang risiko keuangan.

Produk domestik bruto (PDB) naik 6,7 % pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya, yang sesuai dengan proyeksi para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg dan menekan di pertengahan tahun 2016 dari target pertumbuhan pemerintah sebelumnya 6,5 % menjadi 7 %. Sektor industri jasa berayun dari ekspansi di tiga kuartal pertama, dengan sektor yang tumbuh 7,6 %.

Stabilisasi memberikan ruang untuk kebijakan yang bertujuan untuk lonjakan yang maksimal dan membatasi risiko keuangan yang berlebihan, dengan IMF di antara mereka yang menyerukan upaya-upaya tersebut. Pemerintah mengeluarkan pedoman pekan lalu untuk mengurangi utang, namun janji masa lalu sering diabaikan karena lonjakan pertumbuhan kredit harga bahan bakar di kota-kota terbesar di negara tersebut.

Output industri melonjak 6,1 % dari tahun sebelumnya pada bulan September, dibandingkan dengan proyeksi rata-rata analis untuk kenaikan 6,4 %. Konsumen China merupakan yang utama di balik ketahanan baru-baru ini di perekonomian, dengan penjualan ritel meningkat 10,7 % pada bulan lalu dari tahun sebelumnya, yang sesuai dengan perkiraan rata-rata ekonom.

Tingkat investasi aset meningkat 8,2 % dalam sembilan bulan pertama, sama dengan perkiraan para analis. (knc)

Sumber : Bloomberg