Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Saham China naik, mengirim indeks ke level 4 tahun tertinggi, seiring produsen listrik dan perusahaan logam rally.

Saham GD Power Development Co melonjak 10 % untuk memimpin kenaikan pada sektor utilitas. Saham Aluminum Corp of China Ltd menguat batas harian untuk hari kedua setelah perusahaan mengumumkan restrukturisasi aset. Saham Baoshan Iron & Steel Co naik ke level tertingginya sejak April 2011 lalu. Saham Haitong Securities Co berayun penurunan bagi broker, melemah sebesar 3 % di Hong Kong setelah mengatakan pihaknya berencana untuk menaikkan penjualan saham pribadi sebesar HK $ 29.9 miliar ($ 3.9 miliar).

Indeks Shanghai Composite naik 0,9 % ke level 3,137.39 pukul 09:35 pagi waktu setempat, memperpanjang kenaikan pekan lalu dari 5,8 %. Indeks tersebut diperdagangkan di angka 11,7 kali 12 bulan diproyeksikan laba, tingkat tertingginya dalam 3 tahun terakhir, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg.

Indeks Shanghai reli 27 % selama bulan lalu, kenaikan tertingginya di antara indeks acuan global, telah mendorong RSI 14-hari, harga telah naik atau turun selama periode waktu tertentu, untuk angka 78,9. Angka diatas 70 mengindikasikan harga mungkin bersiap untuk turun.

Indeks CSI 300 naik 0,6 %. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong menguat 1 %. Indeks Hang Seng naik 0,8 %. Indeks ekuitas China-AS Bloomberg melonjak 1,3 % di New York pada 19 Desember.

Indeks Shanghai telah rally 47 % tahun ini terkait spekulasi bank sentral yang akan mengurangi rasio cadangan-persyaratan pemberi pinjaman setelah memangkas suku bunga bulan lalu untuk pertama kalinya dalam 2 tahun terakhir untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. (knc)

Sumber : Bloomberg