Equityworld_MedanPesanan pabrik Jerman merosot tajam sejak 2009 silam, sehingga menegaskan adanya resiko pelambatan pada perekonomian terbesar di Eropa tersebut.

Pesanan pabrik Agustus lalu turun sebesar 5.7%, setelah Juli lalu sempat naik sebesar 4.9%, menurut Kementerian Ekonomi di Berlin hari ini. Para ekonom memprediksi turun sebesar 2.5%, menurut 33 perkiraan pada survei Bloomberg News.

Memburuknya kepercayaan melemahkan rebound ekonomi Jerman dari penurunan pada kuartal ke-2. Sebanyak 18 negara zona Eropa sedang berjuang guna memulihkan perekonomian ditengah meningkatnya ketegangan politik dengan Russia dan inflasi yang tidak sesuai dengan target ECB (European Central Bank).

Pesanan ekspor Agustus lalu turun 8.4%, sementara permintaan domestik turun 2%, menurut kementerian ekonomi. Pesanan investasi barang tergelincir 8.5% dan pesanan barang dasar turun 3%, sementara barang-barang konsumen naik 3.7%.

Pesanan bulan Agustus melemah sebagai akibat dari hari libur sekolah, juga terpengaruh oleh melambatnya ekonomi zona Eropa dan resiko geopolitik.

Inflasi Zona Eropa bulan lalu sebesar 0.3%, dibandingkan dengan target ECB dibawah 2%. Melambatnya ekonomi China dan melonjaknya sanksi internasional terhadap Russia karena dukungannya dari pihak separatis di Ukraina telah melemahkan bisnis dan sentimen investor. (bgs)

Sumber : Bloomberg