Equityworld Futures Medan – Dua indeks pengukur manufaktur regional yang ada di AS, keduanya naik pada bulan September, namun wilayah Philadelphia menunjukkan pertumbuhan yang moderat sementara wilayah New York tetap terperosok dalam kontraksi.

Indeks manufaktur Empire State, yang mengukur kondisi di daerah New York, bertahan di wilayah kontraksi, beringsut naik ke negatif 2 pada bulan September dari negatif 4,2 pada bulan Agustus. Para ekonom telah mengharapkan pembacaan negatif 0,5.

Namun, di tempat lain di New Jersey Turnpike, indeks manufaktur Philadelphia Fed melambat untuk pembacaan 12,8 pada bulan September, jauh di bawah angka 2 pada bulan Agustus. Angka itu lebih tinggi dari ekspektasi ekonom ‘untuk pembacaan 0,8.

Bacaan lebih dai nol pada kedua indeks pengukur menunjukkan perbaikan kondisi.

Indeks Empire State dan Philadelphia Fed menjadi yang pertama dari gelombang laporan manufaktur regional, memberikan petunjuk untuk Institut Nasional dalam indeks manufaktur Supply Management nya.

Indeks pabrik ISM turun menjadi 49,4% pada Agustus dari 52,6% pada bulan sebelumnya, tanda lain dari kesulitan di sektor pabrik. Setiap pembacaan di bawah 50% menunjukkan kontraksi, dan indeks berada di bawah level tersebut untuk pertama kalinya sejak Februari. (sdm)

Sumber: MarketWatch