Equityworld Futures – Saham Jepang naik seiring turunnya yen sehingga meningkatkan prospek bagi eksportir, setelah Federal Bureau of Investigation mengatakan mereka mempertahankan kesimpulan sebelumnya bahwa penanganan Hillary Clinton untuk e-mailnya bukan merupakan kejahatan.

Indeks Topix naik 1,1% ke level 1,361.68, naik tertinggi dalam sekitar satu bulan pada istirahat perdagangan di Tokyo hari ini, setelah membukukan kinerja terburuk mingguan sejak Juli. Nikkei 225 melompat 1,4% ke level 17,135.40.

Yen jatuh 1,1% terhadap dolar ke level 104,21 dan berjangka pada Indeks S & P 500 melonjak seiring aset berisiko membuat keuntungan global. . Ekuitas merosot pekan lalu seiring menipisnya keunggulan suara kandidat Demokrat untuk memenangkan 8 November nanti melawan calon Partai Republik Donald Trump dalam jajak pendapat belakangan ini ketika FBI mengungkapkan bahwa mereka membuka kembali penyelidikan atas penggunaan server e-mail yang tidak sah.

Eksportir termasuk pembuat mobil dan produsen alat listrik memberikan dorongan terbesar ke Topix, dengan Toyota Motor Corp dan Softbank Group Corp masing-masing naik 1,8 persen dan 1,6 persen,. Sekitar empat saham naik untuk setiap satu yang jatuh pada indeks acuan tersebut. (sdm)

Sumber: Bloomberg