Equitywolrd Futures – Bank of Japan (BOJ) mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah bahkan memangkas perkiraan untuk inflasi pada tahun fiskal mendatang menjadi 1,5 persen dari sebelumnya 1,7 persen.

Gubernur Haruhiko Kuroda memimpin dewan dalam pemungutan suara untuk mempertahankan target guna mengendalikan jangka pendek, suku bunga jangka panjang dan program pembelian aset. Sebagian besar ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News memperkirakan tidak ada perubahan dalam kebijakan utama kali ini, setelah bank sentral kembali program moneter pada bulan September setelah review kebijakan yang komprehensif.

Yen sedikit berubah terhadap dolar di luar AS dan diperdagangkan di level 104,77 pada pukul 11:58 siang waktu setempat. Indeks Topix telah turun 0,3 % dalam perdagangan pagi.

BOJ menjaga target untuk imbal hasil obligasi pemerintah dengan tenor 10-tahun di sekitar nol persen, dan sebagian mempertahankan tingkat kebijakan dari cadangan bank komersial pada minus 0,1 persen. Bank juga mengatakan akan terus membeli obligasi pemerintah Jepang pada laju tahunan sekitar 80 triliun yen ($ 764 miliar), dan menahan rencana sebelumnya untuk pembelian aset lainnya, seperti dana yang diperdagangkan di bursa. (knc)

Sumber : Bloomberg