Equityworld Futures – Bursa saham Jepang menguat untuk hari ketujuh beruntun dan menuju bull market, karena yen melemah setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen mendorong ekspektasi kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember.

Indeks Topix lebih tinggi ke 1,431.19 pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah yen turun 1 persen terhadap greenback ke 110,12 di New York pada hari Kamis. Nikkei 225 Stock Average naik lebih dari 20 persen dari terendahnya di bulan Juni, yang akan memenuhi syarat sebagai transisi ke bull market jika level tersebut bertahan pada penutupan hari Jumat. Indeks Topix kurang dari lima poin dari mencapai ambang 20 persen dan ditetapkan untuk kenaikan beruntun terpanjang sejak Agustus 2015.

Indeks acuan turun sebanyak 23 persen untuk tahun ini, karena pemberi pinjaman melemah terhadap penurunan suku bunga oleh Bank of Japan dan eksportir melemah terhadap kenaikan yen. Yen telah beralih arah sejak bulan Agustus, turun dari dekat tiga tahun tertinggi terhadap dolar pada pengembalian global risk appetite, ditambah dengan harapan untuk suku bunga AS yang lebih tinggi.(frk)

Sumber: Bloomberg

Equityworld Futures Medan