Equityworld Futures Medan – industri jasa Amerika berkembang pada bulan November pada laju tercepat sejak Oktober tahun lalu, menempatkan sektor terbesar perekonomian pada jalur pertumbuhan yang kuat.

Indeks Institute for Supply Management™s non-manufacturing naik menjadi 57,2, melebihi semua perkiraan dalam survei Bloomberg, dari 54,8 pada bulan Oktober, data kelompok yang berbasis di Tempe, Arizona menunjukkan hari Senin ini. Angka diatas 50 menandai pertumbuhan. Perkiraan rata-rata menyerukan angka 55,5.

Langkah-langkah kegiatan usaha dan lapangan kerja diperkuat pada perusahaan yang mencakup hampir 90 persen dari perekonomian, menandakan meningkatnya optimisme tentang permintaan. Survei kelompok pabrik yang dirilis pekan lalu juga menunjukkan sesuatu yang menjanjikan, dengan manufaktur mengalami perkembangan terbaik dalam lima bulan.

Estimasi dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom berkisar dari 54 ke 57. Perkiraan terbaru menempatkan indeks jasa ISM di atas 54,5 rata-rata selama 10 bulan pertama tahun ini dan dibandingkan dengan 57,2 di keseluruhan tahun 2015.

Survei layanan ISM mencakup berbagai industri, termasuk ritel, perawatan kesehatan, pertanian dan konstruksi.

Indeks aktivitas bisnis kelompok, yang sejajar dengan indeks produksi pabrik ISM, melonjak 61,7, juga tertinggi sejak Oktober 2015, dari 57,7. Indeks pekerja jasa naik ke tertingginya 13-bulan di 58,2 dari 53,1.

Angka tenaga kerja dari Departemen Tenaga Kerja Jumat lalu menunjukkan payrolls meningkat sebesar 178.000 pekerja dan tingkat pengangguran turun ke level terendahnya sembilan tahun dari 4,6 persen. layanan bisnis, penyedia layanan kesehatan dan restoran menyumbang sebagian besar keuntungan pada tenaga kerja.

Indeks pesanan baru ISM bergeser tetapi masih kuatdi  57 pada November dari 57,7 di bulan sebelumnya.(mrv)

Sumber: Bloomberg

Equityworld Futures