Equityworld Futures – Pesanan untuk peralatan bisnis di AS turun tajam pada bulan September dalam tujuh bulan terakhir, menunjukkan investasi perusahaan mengalami kesulitan mendapatkan traksi.

Pemesanan untuk barang modal non-militer tidak termasuk pesawat turun 1,2 persen, menghapus kenaikan 1,2 persen pada bulan Agustus yang lebih kuat dari yang dilaporkan sebelumnya, menurut data dari Departemen Perdagangan hari Kamis. Perkiraan rata-rata ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan penurunan sebesar 0,1 persen. Permintaan untuk semua barang tahan lama – item yang dimaksudkan bertahan setidaknya selama tiga tahun – menurun 0,1 persen.

Investasi bisnis tetap melambat pada kuartal ketiga karena permintaan yang moderat dan pelemahan ekonommi di luar negeri mendorong perusahaan untuk menahan diri. Bahkan dengan stabilitas di sektor minyak, perbaikan cadangan dan pertumbuhan belanja konsumen, manufaktur mungkin akan terlihat sedikit lebih dari peningkatan bertahap.

“Investasi bisnis akan menjadi lemah,” Ryan Sweet, ekonom senior dari Moody Analytics Inc. di West Chester, Pennsylvania, sebelum laporan dirilis. “Ekonomi global masih cukup lemah. Hal itu akan terus membebani produsen.”

Pelemahan pesanan terjadi untuk fabrikasi dan logam utama, komputer dan elektronik, serta peralatan komunikasi.

Penurunan pemesanan untuk semua barang tahan lama pada bulan lalu mengikuti kenaikan 0,3 persen pada bulan Agustus yang lebih baik dari yang dilaporkan sebelumnya.

Pesanan untuk barang modal non-pertahanan tidak termasuk pesawat adalah wakil untuk investasi bisnis masa depan dalam item seperti komputer, mesin dan peralatan komunikasi. Bahkan dengan penurunan tersebut, pemesanan selama tiga bulan yang berakhir pada bulan September naik pada laju tahunan sebesar 5,2 persen, menunjukkan penurunan investasi terburuk telah berakhir.(frk)

Sumber: Bloomberg