Equityworld Futures – Saham Jepang jatuh untuk pertama kalinya dalam lima hari seiring menguatnya yen dan investor mempertimbangkan kemungkinan kenaikan suku bunga AS sebelum rilis data payrolls AS.

Indeks Topix turun 0,3 persen ke level 1,349.77 pada jam istirahat perdagangan di Tokyo setelah naik 2,4 persen selama empat hari sebelumnya sementara Nikkei 225 melemah 0,2% ke level 16,869.09. Yen rebound dari rentetan penurunan terpanjangnya terhadap dolar sejak Juli 2014. Serangkaian data ekonomi yang mengalahkan estimasi dan komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve telah mendukung harapan untuk kenaikan suku AS tahun ini sehingga melemahkan mata uang Jepang selama delapan hari beruntun sampai hari Kamis.

Citigroup Inc menurunkan rekomendasinya terhadap ekuitas Jepang pada hari Kamis menjadi underweight dari neutral, menyebutkan ekspektasi untuk yen. Grup itu menyarankan investor untuk mencari strategi tanpa hedging mata uang dan untuk fokus pada sektor-sektor yang cenderung bereaksi positif terhadap kenaikan harga minyak. Minyak mentah Brent telah naik 14 persen dalam dua minggu terakhir. (sdm)

Sumber: Bloomberg