RBA Bergantung Tingkat Bunga Rendah untuk Dukung Pertumbuhan, Risiko Cina BerpanjanganEquityworld Futures Medan : Bank sentral Australia mengandalkan suku bunga rekor rendah untuk meningkatkan konsumsi dan mendukung perekonomian seiring prospek China tetap menjadi kunci ketidakpastian.

“Perkiraan untuk ekonomi Australia masih untuk pertumbuhan yang menguat secara bertahap,” Reserve Bank of Australia mengatakan Selasa dalam rilis rapatnyapada 3 November. “Perlambatan di Asia tetap berkepanjangan dari yang sebelumnya diantisipasi dan telah memberikan kontribusi untuk penurunan harga komoditas.”

Dalam menilai prospek kebijakan moneter, pembacaan menegaskan narasi ganda yang telah RBA kerjakan akhir-akhir ini: prospek untuk perbaikan kondisi ekonomi telah menguat sementara outlook inflasi yang rendah dapat memberikan beberapa ruang lingkup untuk pelonggaran lebih lanjut jika diperlukan.

Pembuat kebijakan Australia mempertahankan suku tidak berubah pada 2 persen untuk enam bulan terakhir seiring tanda-tanda kenaikan stabil yang ditunjukkan pasar pekerjaan nasional dan melehmahnya mata uang, meningkatkan daya saing perusahaan lokal. Namun pada saat yang sama, ekspansi di Asia telah mereda lebih dari yang RBA diharapkan.

Perlambatan di Asia ” cenderung lebih keras dari yang diharapkan,” kata bank sentral. “Prospek untuk kawasan Asia, khususnya Cina, tetap menjadi salah satu kunci ketidakpastian dalam memperkirakan pertumbuhan global. (sdm)

Sumber: Bloomberg