Reli Santa Emas yang Berlangsung merupakan Hadiah Akhir Tahun untuk Pengamat ChartEquityworld Futures Medan : Entah buruk ataupun baik, investor emas biasanya dapat mengandalkan reli Santa untuk emas pada akhir tahun.

Dalam 9 dari 10 tahun terakhir, harga emas naik dalam rentan waktu 23 Desember-3 Januari, dengan keuntungan rata-rata 2,9 persen, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Bahkan pada tahun 2013 dan 2014, saat emas menutup tahun di level dua tahun terburuk mereka dalam lebih dari satu dekade, nilai logam mulia meningkat selama minggu-minggu terakhir liburan. Pedagang seperti Brad Yates di elemetal Capital LLC menghubungkan keuntungan dengan kecenderungan konsumen di Cina “ yang merupakan pembeli terbesar di dunia – untuk persediaan liburan Tahun Baru Imlek.

“Dinamika global telah menjadi salah satu hal yang membuat harga logam bergerak naik turun dari Barat sampai Timur, sehingga tidak mengejutkan untuk melihat harga naik seiring kecenderungan penurunan perdagangan di New York dan London sementara harga tetap aktif untuk naik di Asia,” Yates, kepala dari perdagangan Elemetal di Dallas, mengatakan melalui telepon, Senin. “Ini bisa menjadi hadiah Natal yang cukup baik untuk laporan laba rugi seseorang.”

Permintaan emas tetap kuat di Asia bahkan seiring penurunan yang terjadi di tempat lain. Sementara kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa global yang didukung oleh logam ini menyentuh level terendah enam tahun pada 17 Desember, dan harga yang menuju penurunan rata-rata beruntun tahunan ketiga, Cina daratan melihat peningkatan 7,8 persen pada pembelian dalam sembilan bulan pertama tahun ini, menurut Asosiasi Emas China.

Di India, pembeli No 2 di dunia, permintaan menunjukkan tanda-tanda rebound dari periode pajak yang tinggi pada stok luar negeri. Impor emas pada bulan November berjumlah lebih dari dua kali lipat jumlah pada bulan Oktober. Pembelian di India biasanya berada di level tertinggi pada tiga bulan terakhir tahun, seiring dengan pemberian hadiah selama festival seperti Diwali, dan berada di puncak pada saat dimulainya musim pernikahan di bulan November.

Sudah Berlangsung

Tahun ini Santa Rally mungkin sudah berlangsung. Emas untuk pengiriman segera, yang menyentuh level terendah lima tahun dari level $ 1,046.44 per ounce pada 3 Desember silam, telah naik 2,3 ‹‹persen sejak saat itu dan naik 0,5 persen bulan ini untuk berada di level $ 1,070.50 pada hari Rabu, menurut harga publik Bloomberg.

“Keluar dari perlambatan, pasca periode Diwali, kita akan berpindah ke periode re-stok yang kuat menjelang Tahun Baru Cina,” Suki Cooper, analis logam mulia di Standard Chartered Plc, mengatakan melalui telepon dari New York pada 11 Desember . “hal Ini sepertinya merupakan bagian dari pergeseran musiman.”

Keuntungan akhir tahun tidaklah unik untuk emas. Pasar ekuitas memiliki sejarah mereka sendiri dari reli Santa. Bloomberg World Mining Index naik 5,1 persen minggu ini dan Bloomberg World Oil & Gas Index telah memperoleh gain 4 persen. Namun sejauh bulan ini, secara luas hampir semua indeks ekuitas mengalami penurunan. Indeks Standard & Poor 500 turun 0,8 persen pada bulan Desember, dan MSCI World Index, yang merupakan indeks saham global, turun 1,4 persen.

Performa yang Lebih Baik dari Emas

Emas sendiri telah merasakan reli Santa lebih banyak dari pasar utama lainnya. S & P 500 menguat dalam enam dari 10 tahun terakhir. Selama periode yang sama, bullion maju lebih sering pada 23 Desember sampai 3 Januari daripada 10-years treasuries, Bloomberg Dollar Spot Index dan Bloomberg Commodity Index.

Tahun Baru Imblek, yang tahun ini jatuh pada 8 Februari, dianggap sebagai waktu yang menguntungkan untuk membeli emas di Cina, dengan permintaan untuk logam biasanya memuncak pada kuartal pertama, menurut data dari World Gold Council. Tahun lalu, konsumen membeli 316,3 metrik ton emas dari Januari sampai Maret, angka dari council menunjukkan.

“Far East cenderung menjadi net-buyers, dan mereka cenderung yang paling aktif selama periode ini,” James Steel, analis komoditas utama di HSBC Securities (USA) Inc, mengatakan melalui telepon pada 11 Desember “Apabila mereka lebih berpengaruh, maka harga secara alami akan cenderung naik “. (sdm)

Sumber: Bloomberg