indexIndeks saham berjangka AS turun pasca pasar ekuitas membukukan penurunan mingguan pertama mereka dalam hampir satu bulan terakhir, karena meningkatnya kekhawatiran AS akan dipaksa untuk campur tangan di Irak untuk menghentikan pemberontak mengambil alih negeri.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 yang berakhir pada bulan September turun sebesar 0,3 persen ke level 1,922.3 pukul 06:13 pagi di New York. Indeks ekuitas acuan merosot sebesar 0,7 persen pekan lalu, mengakhiri reli selama tiga pekan terakhir karena pemberontak Sunni menduduki beberapa wilayah di Irak dan harga minyak melonjak. Kontrak Dow Jones Industrial Average turun sebanyak 45 poin atau sebesar 0,3 persen ke level 16.652 hari ini.

Irak bergerak menuju perang saudara seiring kelompok pemberontak yang dikenal sebagai Negara Islam di Irak dan menguasai utara Levant dan beberapa kota di bawah kendalinya. Sementara tentara melawan dan membunuh ratusan gerilyawan, tindakan tersebut belum mampu menghentikan mereka. Militan mengambil Tal Afar, sebuah barat kota Mosul, dan membuat untuk ibukota Baghdad.

AS telah mengirimkan sebuah kapal induk ke Teluk Persia seiring Obama ingin untuk membantu pemerintah Syiah yang dipimpin Perdana Menteri Nouri al-Maliki. Partai Republik telah mengkritik presiden karena tidak mengambil tindakan militer. (izr)

Sumber: Bloomberg