Equity World Medan – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, nilai tukar rupiah melemah 0,23 persen terhadap dollar AS selama bulan September 2017.

Level terendah rata-rata nasional kurs tengah eceran rupiah terhadap dollar AS terjadi pada minggu keempat September 2017, yakni Rp 13.352 per dollar AS.

Kepala BPS Suhariyanto menyebut, secara provinsi, level terendah kurs tengah terjadi di Sulawesi Utara sebesar Rp 13.430 per dollar AS.

Sementara itu, level tertinggi terjadi di Papua sebesar Rp 13.207 per dollar AS pada pekan keempat September 2017 dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 13.185 per dollar AS.

“Ini kita pantau berdasarkan transaksi di money changer dan sebagainya,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/10/2017).

Menurut pantauan BPS, rupiah menguat 0,50 persen terhadap dollar Australia. Level tertinggi terjadi pada pekan keempat September 2017 yang tercatat sebesar Rp 10.504 per dollar AS.

Sementara itu, rupiah juga menguat sebesar 1,79 persen terhadap yen Jepang pada September 2017. Level tertinggi rata-rata nasional kurs tengah terjadi pada pekan ketiga September 2017 yang mencapai Rp 118,7 per yen.

Mata uang Garuda pun menguat 0,84 persen terhadap euro pada September 2017. Level tertinggi rata-rata nasional kurs tengah terjadi pada minggu kedua September 2017 yang mencapai Rp 15.739 per euro.

BPS dalam laporannya menyatakan, nilai tukar mata uang untuk transaksi besar yang meliputi aktivitas ekspor, impor, swap, derivatif, dan lain-lain, dipantau dan dilaporkan secara periodik oleh Bank Indonesaia (BI).

Adapun transaksi eceran penukaran mata uang melalui money changer atau tempat penukaran valas menggambarkan tingkat retail spot rate mata uang.

Suhariyanto menyatakan, laporan nilai tukar eceran yang dirilis BPS dapat digunakan untuk melihat pengaruh nilai tukar transaksi besar terhadap nilai tukar transaksi eceran.

Kemudian untuk melihat perkembangan nilai tukar transaksi besar terhadap nilai tukar transaksi eceran, perkembangan nilai tukar rupiah transaksi eceran, melengkapi informasi real time di internet, dan sebagainya.

Sumber: Kompas.com

PT Equityworld Futures
EWF Medan