Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Tekanan yang terjadi pada nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin besar. Rupiah pada pembukaan awal minggu ini Rupiah sempat menyentuh Rp12.700 per USD.Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Peter Jacob, mengatakan pelemahan Rupiah yang terjadi saat ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah karena akhir tahun banyak pembayaran utang dalam bentuk Valas, sehingga permintaan terhadap dolar meningkat.Selain itu, dia mengatakan di akhir tahun banyak masyarakat yang ingin liburan ke luar negeri sehingga banyak permintaan dolar AS. “Kalau pelemahan ini karena ini kan akhir tahun, banyak pembayaran-pembayaran semester II,”

Peter menambahkan, pada akhir tahun investor cenderung menarik uangnya dan mengalihkan investasi dalam bentuk valas. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab pelemahan Rupiah.

“Ini juga banyak yang mau liburan dan investor mengalihkan investasi dalam bentuk valas. jadi kalau mau bahas lebih lanjut soal detail Rupiah mungkin kita bisa lihat Januari,” tukasnya.

(mrt)