Rupiah Menguat, Simak nih Saham-saham yang Diuntungkan

Rupiah Menguat, Simak nih Saham-saham yang DiuntungkanEquityworld Futures – Menguatnya nilai mata tukar rupiah terhadap dolar AS yang terjadi sejak awal tahun menjadi katalis positif bagi emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada tiga pekan pertama tahun ini, mata uang Garuda konsisten menguat. Bila dilihat sejak awal tahun hingga 18 Januari 2020, mengacu data Refinitiv, rupiah sudah menguat 1,8% ke level Rp 13.630 per US$.

Padahal, pada akhir Desember 2019 lalu, rupiah masih ditransaksikan di kisaran Rp 13.880 per dollar AS. Hanya pada Jumat (18/1/2020) pekan ini, rupiah ditutup melemah 5 poin atau 0,04% dari Rp 13.625 per dolar AS.

Direktur Utama CSA Institute Aria Samata Santoso berpendapat, menguatnya nilai tukar rupiah akan berdampak positif pada sektor konstruksi seperti PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

“Sektor konstruksi sempat diredam saat kenaikan dolar AS, tentu kali ini bisa direncanakan untuk kembali lebih agresif,” kata Aria kepada CNBC Indonesia, Senin (20/1/2020).

Selain itu, sektor lainnya yang terdampak positif adalah manufaktur yang mengimpor bahan baku kimia seperti PT Kimia Farma Tbk (KAEF) karena mendapatkan bahan baku yang lebih kompetitif seiring menguatnya kurs.

“KAEF boleh dipertimbangkan karena bisa mendapatkan bahan baku dengan nilai lebih murah,” kata Aria menambahkan.

Berpendapat senada, Anugerah Zamzami Nasr, Equity Analyst PT Phillip Sekuritas Indonesia menilai menguatnya mata uang Garuda juga akan berimbas positif ke sektor yang mengimpor bahan baku dalam denominasi dollar seperti petrokimia, perdagangan, farmasi dan otomotif.

“Penguatan kurs juga berdampak positif bagi sektor properti seperti Lippo Karawaci (LPKR) yang memiliki utang dalam dolar AS dan beberapa emiten pertambangan seperti MEDC [Medco Energi Internasional], BYAN [Bayan Resources], ADRO [Adaro Energy] yang baru issue global bond,” katanya.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT. Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2019
Loker EWF Medan