Equityworld_MedanSaham-saham AS naik mengirim Indeks Standard & Poor 500 memperpanjang kenaikan mingguan terbesarnya sejak Juli lalu, seiring ketegangan mereda atas konflik global dan Dollar General Corp rally pada aktivitas merger.

Dollar General melonjak sebesar 12 persen setelah menawarkan $ 9.7 miliar untuk pasangan Dollar, yang mengalami rally sebesar 4,9 persen. Saham Delta Air Lines Inc dan saham Southwest Airlines Co memimpin kenaikan di antara perusahaan-perusahaan industri lainnya diikuti harga minyak jatuh. Saham Homebuilders naik terkait kepercayaan dalam industri naik ke level tertingginya dalam tujuh bulan terakhir. Saham Internet dan bioteknologi mengalami rally, melanjutkan memangkas kerugiannya dari awal tahun ini.

Indeks S & P 500 naik sebesar 0,8 persen ke level 1,971.54 pukul 04:00 di New York, kenaikan yang merupakan sepanjang level tertingginya. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat sebesar 175,06 poin, atau 1,1 persen, ke level 16,837.97. Indeks Nasdaq Composite melonjak sebesar 1 persen ke level tertingginya sejak tahun 2000 lalu. Perdagangan perusahaan di Indeks S & P 500 sebesar 12 persen di bawah rata-rata 30-hari untuk hari ini.

Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin bertemu Presiden Rusia Sergei Lavrov selama lebih dari lima jam melakukan pembicaraan di Berlin, karena mereka berusaha untuk meredakan ketegangan setelah para pejabat di Kiev mengatakan bahwa pasukannya merusak sebagian konvoi bersenjata dari Rusia. Klimkin mengatakan pembicaraan telah membawa ‘kemajuan moderat,’ meskipun ia meminta Rusia untuk mengikuti perkataan dengan tindakannya. (knc)

Sumber : Bloomberg