Saham Asia Dibuka Menguat sementara Saham Jepang Melemah

Equityworld Futures Medan : Bursa saham Asia menguat, dengan indeks acuan regional yang ditetapkan untuk mencatatkan kenaikan mingguan beruntun. Sementara bursa saham Jepang melemah akibat yen mempertahankan gain di tengah pelemahan data ekonomi AS.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% ke level 155,36 pada pukul 09:03 pagi di Tokyo, siap untuk kenaikan minggu ini sebesar 1,1% dan kenaikan mingguan terpanjang sejak Februari lalu. Indeks tersebut ditutup di level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir pada Kamis kemarin. Indeks Topix Jepang dibuka turun 0,1% setelah yen menguat 0,3% terhadap dolar karena meningkatnya klaim pengangguran AS dan data perumahan yang lemah meragukan prospek ekonomi negara tersebut. Kontrak pada Indeks Hang Seng dan Indeks Hang Seng China Enterprises naik setidaknya 0,2%.

Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,4%, seperti yang dilakukan Indeks NZX 50 Selandia Baru. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,5%.

Pasar saham di China dan Hong Kong belum dibuka. Regulator sekuritas China meningkat laju penawaran umum perdana (IPO), yang memungkinkan lebih banyak perusahaan untuk mengambil keuntungan dari reli dunia yang menghantarkan Indeks Shanghai Composite ke level tertinggi dalam tujuh tahun. China Securities Regulatory Commission (CSRC) akan meninjau dan menyetujui dua buah kumpulan aplikasi IPO setiap bulan, naik dari satu sebelumnya. Dua puluh lima IPO telah disetujui pada hari Kamis kemarin, kata CSRC.

Indeks awal aktivitas pabrik China oleh HSBC Holdings Plc / Markit Economics untuk bulan April turun menjadi 49,2 dari pembacaan akhir di 49,6 pada bulan sebelumnya, menurut data yang dirilis Kamis kemarin.(frk)

Sumber: Bloomberg