Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Saham Asia jatuh, menyusul penurunan saham AS, pasca rilis data penjualan rumah hingga kinerja sektor manufaktur Amerika sedikit melemah dari perkiraan dan para investor menunggu keputusan Federal Reserve mengenai program stimulus.

Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,1 persen ke level 138,22 pukul 09:02 di Tokyo, sebelum pasar financial di Hong Kong dan Cina dibuka. The Fed mungkin akan kembali memangkas sisa sebesar $15 miliar pembelian obligasi bulanan ketika menyimpulkan sebuah hasil pertemuan kebijakan besok, dan meninggalkan suku bunga utamanya pada kisaran nol hingga 0,25 persen, menurut survei ekonom yang dilakukan oleh Bloomberg.

Indeks Topix Jepang turun sebesar 0,1 persen karena yen tergelincir sebesar 0,1 persen ke level 107,87 per dolar pasca menguat 0,3 persen kemarin. Data yang dirilis pagi ini menunjukkan penjualan ritel Jepang mengalahkan estimasi. Bank of Japan (BoJ) akan mempertimbangkan moderat bahasanya pada laju inflasi dalam sebuah laporan yang akan dirilis pekan ini untuk mempertimbangkan dampak dari harga minyak yang lebih rendah, menurut orang-orang yang akrab dengan keputusan.

Sementara itu, Indeks Australia S&P/ASX 200 turun sebesar 0,2 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menguat sebesar 0,2 persen. Indeks NZX 50 Index Selandia Baru merosot sebesar 0,1 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg