Saham Asia Jatuh, Perpanjang Penurunan Bulanan Terbesar Sejak 2012

equityworld Futures Medan : Saham Asia mempeSaham Asia Jatuh, Perpanjang Penurunan Bulanan Terbesar Sejak 2012rpanjang penurunan bulanan terbesar dalam 3 tahun terakhir seiring para investor mengkaji komentar dari pertemuan para pembuat kebijakan moneter pada akhir pekan, diiringi penurunan tajam di saham China dalam 2 bulan terakhir sejak 2008 lalu.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,7 % ke level 130,23 pada pukul 04:01 sore waktu Hong Kong, total penurunan sebesar 8,3 % selama bulan Agustus. Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 melemah 1 %. Indeks Shanghai Composite turun 0,8 % di tengah kekhawatiran bahwa gagalnya intervensi pemerintah untuk menopang pasar ekuitas.

Ada alasan untuk meningkatkan tingkat inflasi, Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengatakan kepada para delegasi di tahunan retret Kansas City Federal Reserve di Jackson Hole, Wyoming. Sementara Fischer berhati-hati untuk mengatakan ia tidak mendukung kenaikan suku bunga yang akan datang, pernyataan tersebut menyarankan bahwa Federal Open Market Committee (FOMC) tidak mengesampingkan pergerakan pada pertemuan di Washington tanggal 16-17 September mendatang.

Pedagang telah mendorong probabilitas The Fed bulan depan sebesar 38 %, dari sebelumnya 24 % pada 26 Agustus, menurut perdagangan federal untuk pendanaan kontrak berjangka. Mereka melihat peluang sebesar 49 % pada bulan Oktober.

Sementara itu, Indeks Topix Jepang turun 0,8 % diikuti penguatan yen, membebani sektor eksportir. Sedangkan Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,3 % dan Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan China yang terdaftar di Hong Kong turun 0,1 %. Indeks Australia S&P / ASX 200 merosot 1,1 %, membatasi penurunan bulanan terburuk sejak tahun 2008. Indeks NZX 50 Selandia Baru 2008 turun 0,3 %.

Regulator sekuritas China meminta broker untuk meningkatkan dukungan mereka untuk harga saham dengan menyumbangkan dana sebesar 100 miliar yuan ($ 15.7 miliar) untuk menopang pasar nasional dan meningkatkan buyback saham, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Regulator Sekuritas Komisi China memberi perintah pada pertemuan dengan perwakilan dari 50 broker, Sabtu, Ketua CSRC Xiao Gang juga hadir, menurut orang-orang yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena pertemuan belum dipublikasikan. (knc)

Sumber : Bloomberg