Equity_medanSaham Asia sedikit berubah, dengan indeks acuan regional di perdagangkan mendekati level tertinggi enam tahun, jelang Federal Reserve meng-update pasar saham terkait kebijakan moneter pada hari ini dan setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa memperkuat sanksi terhadap Rusia.

Indeks MSCI Asia Pacific naik kurang dari 0,1 persen menjadi 149.50 pada pukul 9:05 pagi di Tokyo. Indeks tersebut naik 2,6 persen dalam bulan ini hingga kemarin, saat ditutup pada level tertinggi sejak Juni 2008, setelah indeks manufaktur China menambahkan tanda-tanda bahwa perekonomian terbesar di Asia tersebut masih stabil dan pendapatan perusahaan termasuk Nissan Motor Co. dan Fanuc Corp. mengalahkan perkiraan analis.

Amerika Serikat memberikan sanksi kepada tiga bank Rusia dan perusahaan pembuat kapal milik negara yang melayani angkatan laut Rusia serta industri minyak dan gas, bergabung dengan Uni Eropa meningkatkan hukuman terkait tindakan Rusia di Ukraina. Uni Eropa menahan akses Rusia untuk bank pembiayaan dan teknologi maju dalam sanksi yang lebih luas terkait dukungan Presiden Vladimir Putin kepada pemberontak di timur Ukraina.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,2 persen. Output industri di negara berkembang terekspansi 0,6 persen pada bulan Juni dari tahun sebelumnya, di bawah estimasi ekonom untuk kenaikan 1 persen, menurut data pemerintah.(frk)

Sumber : Bloomberg