Saham Asia Pangkas Kuartalan Terbaik Sejak 2013 Setelah Industri Melemah

Equityworld Futures Medan : Saham-saham Asia turun, dengan acuan regional memangkas kenaikan kuartalan terkuat dalam 18 bulan terakhir, setelah perusahaan sektor industri memimpin penurunan dalam indeks. Bursa saham China melemah setelah kemarin melonjak ke level tertinggi dalam tujuh tahun.

Saham Central Japan Railway Co. merosot 5,4%. Sementara saham Poly Real Estate Group Co. turun 3% setelah indeks saham properti China turun setelah kemarin naik 7,3% sebelum pemerintah mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan pasar. Saham BHP Billiton Ltd, perusahaan tambang terbesar di dunia, naik 3,1% setelah perusahaan energi dan bahan mengalami kenaikan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3% ke level 146,11 pada pukul 16:05 sore di Hong Kong, dan berada di jalur untuk kenaikan kuartalan sebesar 6%. Sebelumnya saham-saham menguat 0,8% setelah bank sentral China melonggarkan pembatasan hipotek dan harapan untuk stimulus lebih lanjut dalam perekonomian terbesar di Asia.

Indeks Shanghai Composite tergelincir 1%, menghapus kenaikan 1,3% setelah indeks kekuatan relatif naik ke angka 80 kemarin, di atas level 70 beberapa pedagang mengambil sebagai sinyal untuk menjual. Investor internasional telah mengurangi kepemilikan setelah valuasi naik ke level tertinggi sejak tahun 2010 dan indeks pertumbuhan China turun. Shanghai Composite menguat 85% dalam 12 bulan terakhir hingga kemarin terkai spekulasi bahwa pemerintah akan meningkatkan stimulus moneter.

Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan daratan yang diperdagangkan di Hong Kong naik 0,3%, memangkas lonjakan sebesar 2,4%. Sementara itu, indeks Hang Seng naik 0,2%.(frk)

Sumber: Bloomberg