Equityworld_MedanEquityworld Futures medan : Indeks saham berjangka China turun kerane regulator sekuritas merencanakan babak baru dalam pengecekan ke bisnis peminjaman margin dari broker.

Kontrak pada Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan Februari, merupakan kontrak paling aktif, turun 1,6 % ke level 3,478 pukul 09:15 pagi waktu setempat. Penilaian ini dari 46 perusahaan yang tersisa, setelah awalnya ada 45 yang diperiksa negara, menurut laporan Xinhua News Agency melaporkan kemarin malam. The China Securities Regulatory Commission mengatakan pemeriksaan yang rutin dan tidak boleh over interpreted, menurut laporan Xinhua.

Indeks Shanghai Composite turun tajam sejak 2008 pada 19 Januari lalu setelah regulator menangguhkan tiga broker terbesar negara itu dari penambahan rekening marjin baru dan mengatakan kepada perusahaan sekuritas untuk menghentikan peminjaman kepada pedagang dengan kurang dari 500.000 yuan ($ 80.035). Margin utang, yang dapat memperbesar kerugian bagi investor ketika penurunan saham, sehingga naik ke rekor 775.9 miliar yuan di bursa Shanghai kemarin setelah naik sepuluh kali lipat selama dua tahun terakhir.

Indeks Shanghai Composite turun 1,4 % ke level 3,305.74 kemarin di tengah kekhawatiran arus masuk ke ekuitas akan melambat setelah saham beberapa bank mengurangi pengaruh untuk produk kepercayaan investasi di saham. Beberapa broker di China selatan menaikkan di ambang batas untuk produk baru umbrella trust, membutuhkan sedikitnya 30 juta yuan bukan 10 juta yuan sebelumnya, Shanghai Securities News melaporkan, tanpa mengutip siapa pun.

Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong turun 0,6 % ke level 11,963.64. Indeks CSI 300 turun 1,4 %. Indeks Hang Seng naik 0,2 %. Sementar Indeks Equity Bloomberg China-US, Indeks acuan perusahaan AS yang terdaftar dan diperdagangkan di China, turun 1,3 % di New York. (vck)

Sumber: Bloomberg