Equityworld_medanEquityworld Futures Medan : Saham China catat penurunan untuk pertama kalinya dalam enam hari terakhir, dipimpin oleh saham perusahaan keuangan dan komoditas, setelah penurunan laba saham industri bulan lalu.

Saham PetroChina Co dan Zijin Mining Group Co turun lebih dari 1 % sehingga memimpin penurunan saham energi dan bahan produsen. Keuntungan perusahaan industri turun 8 % pada Desember lalu dari tahun sebelumnya sebesar 850.7 miliar yuan ($ 136 milyar), dibandingkan penurunan pada November lalu sebesar 4,2 %, menurut data dari Biro Statistik Nasional. Sementara saham Citic Securities Co dan Bank of China Ltd berayun, merupakan penurunan bagi saham perusahaan keuangan tersebut.

Indeks Shanghai Composite turun 0,3 % ke level 3,371.90 pukul 9:46 pagi. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong turun 0,4 %. Sementara Indeks CSI 300 turun 0,3 %. Indeks Hang Seng melemah 0,2 %. Sedangkan Indeks Bloomberg Ekuitas China-AS Indeks naik 0,2 % di New York kemarin.

Indeks Shanghai naik sebesar 65 % selama tahun lalu, menjadikannya pemain terbaik di antara 93 indeks global yang dilacak oleh Bloomberg, terkait spekulasi bank sentral akan melonggarkan kebijakan moneternya untuk mendukung perekonomian. Langkah tersebut diperkirakan laba senilai 12,7 kali dalam 12 bulan terakhir, merupakan level tertinggi sejak April 2011 lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Indeks H-Shares naik 20 % selama periode yang sama.

China akan menerapkan langkah-langkah lebih efektif yang ditargetkan tepat untuk mengelola perekonomian, Premier Li Keqiang mengatakan pada pertemuan dengan sekelompok para ekonom kemarin. China harus mempercepat reformasi dan mempromosikan pengembangan industri yang sedang berkembang, katanya. (vck)

Sumber: Bloomberg