EWF_MedanSaham-saham China menguat, menghantarkan indeks ke level tertinggi tiga bulan, pasca lonjakan dalam indeks manufaktur nasional mendorong optimisme pemerintah akan memenuhi target pertumbuhan ekonomi dalam tahun ini.

Saham Industrial Bank Co. dan Poly Real Estate Group Co. naik lebih dari 3 persen memimpin reli untuk perusahaan pemberi pinjaman dan pengembang properti. Saham Gree Electric Appliances Inc. melonjak 2,5 persen, dikisaran kenaikan untuk perusahaan konsumen bergantung pada pertumbuhan ekonomi. Indeks Pembelian Manajer (PMI) awal dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics, yang dikenal sebagai PMI flash, berada di angka 52, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata dari 51 analis.

Indeks Shanghai Composite naik 0,7 persen menjadi 2,092.48 pada pukul 09:59 pagi, menuju level tertinggi sejak 18 April, sedangkan Indeks CSI 300 naik 1,1 persen. Peningkatan pertumbuhan manufaktur akan mengurangi tekanan pada pemerintah dalam menambah stimulus tahun ini termasuk belanja infrastruktur dan persyaratan cadangan yang lebih rendah bagi bank-bank.(frk)

Sumber : Bloomberg