Equityworld futures medan : Indeks saham China menguat ke level tertinggi dalam seminggu, dipimpin oleh perusahaan keuangan dan penerbangan, jelang rilis data ekonomi termasuk produksi industri.

Saham Bank of China Ltd. dan Shanghai Pudong Development Bank Co. naik lebih dari 2%. China Southern Airlines Co melonjak 10% daily limit dan saham China Eastern Airlines Corp. melonjak 7,5% setelah harga minyak mentah diperdagangkan di bawah $ 49 per barel.

Indeks Shanghai Composite naik 0,8% menjadi 3,311.91 pada pukul 09:55 pagi waktu setempat. Indeks CSI 300 naik 1%. Indeks Hong Kong Hang Seng China Enterprises naik 0,4%, sedangkan indeks Hang Seng tergelincir 0,2%.

Biro Statistik China akan merilis data bulan Januari-Februari terhadap produksi industri, penjualan ritel dan investasi aset tetap pada pukul 13:30 siang. Output Pabrik kemungkinan naik 7,7% dari tahun sebelumnya, sementara penjualan ritel naik 11,6% dan investasi aset tetap menguat 15%, menurut perkiraan rata-rata survei Bloomberg. Data bulan Januari-Februari digabungkan untuk menyesuaikan dampak dari Tahun Baru China, serta tanggal yang berubah dari tahun ke tahun.

Data dirilis sehari setelah harga produsen yang turun 4,8% pada bulan Februari, memperpanjang rekor penurunan menjadi 36 bulan. Sementara harga konsumen mengalahkan perkiraan dengan mengalami kenaikan sebesar 1,4%, mungkin terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa risiko deflasi telah mereda karena perayaan liburan Tahun Baru Imlek bulan lalu mendorong biaya.

Orient Securities Co. dan sembilan perusahaan lainnya akan mulai menjual Penawaran umum saham perdana. Sebanyak 23 IPO pekan ini diperkirakan akan membukukan sekitar 3 triliun yuan ($ 479 miliar), menurut perkiraan rata-rata dari 12 broker yang disurvei oleh Bloomberg News.(frk)

Sumber : Bloomberg