Equityworld_MedanSaham China naik pasca indeks manufaktur melampaui perkiraan dan investor berspekulasi bahwa pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pasar perumahan.

China Shipbuilding Industry Co naik sebesar 2,1 persen dan China CSSC Holdings Ltd naik sebesar 3,6 persen. Indeks Pembelian Manajer awal dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics naik sebesar 50,5 pada bulan ini dari pembacaan akhir sebesar 50,2 pada bulan Agustus kemarin. Poly Real Estate Group Co memimpin kenaikan terhadap pengembang properti di Shanghai pasca 21st Century Business Herald mengatakan bahwa empat bank terbesar di negara itu dapat melonggarkan kriteria untuk pinjaman hipotek.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,4 persen ke level 2,298.91 pukul 10:04 pagi ini, sedangkan Indeks Hang Seng China Enterprises naik sebesar 0,2 persen ke level 10,623.22. peningkatan manufaktur akan meredakan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi di China pasca data pekan lalu menunjukkan bahwa investasi asing langsung (FDI) turun ke level empat tahun terakhir, merupakan harga terendah dan harga rumah turun semua kecuali dua kota yang dipantau oleh pemerintah.

Indeks Hang Seng naik kurang dari 0,1 persen dan Indeks CSI 300 naik sebesar 0,5 persen. Sementara  Indeks Hang Seng China Enterprises telah turun sebesar 6,9 persen pasca mencapai level tertinggi di tahun ini pada 8 September kemarin dan telah diperdagangkan sebanyak 6,8 kali proyeksi laba dalam 12 bulan terakhir. (vck)

Sumber: Bloomberg