Saham China Naik seiring Broker Naik Terkait Proses IPO

Saham China Naik seiring Broker Naik Terkait Proses IPOEquityworld Futures Medan : Saham China naik untuk hari ketiga seiring reli broker setelah regulator sekuritas memberi lampu hijau untuk awal penawaran umum oleh 10 perusahaan seiring pembekuan lima bulan dalam penjualan saham baru berakhir.

Shanghai Composite Index naik 0,1 persen ke level 3,635.71 pada pukul 09:46 pagi waktu setempat, memperpanjang kenaikan 1,4 persen pekan lalu, seiring Citic Securities Co dan Haitong Securities Co naik setidaknya 1,6 persen. Guotai Junan International Holdings Ltd anjlok 17 persen di Hong Kong setelah broker ini mengatakan belum bisa menghubungi ketua dan kepala eksekutif mereka.

China Securities Regulatory Commission telah memulai kembali IPO dari lima perusahaan untuk mendaftar di bursa Shanghai dan lima lagi untuk mendaftar  di Shenzhen, menurut sebuah pernyataan di microblog resminya, Jumat. Dimulainya kembali menunjukkan otoritas menjadi lebih percaya diri bahwa pasar saham dapat berdiri sendiri setelah indeks rally kembali ke null market bulan ini.

CSRC mengatakan bulan ini bahwa IPO dari 28 perusahaan akan diizinkan untuk melanjutkan aktivitas mereka pada akhir tahun ini, setelah penangguhan yang diberikan pada bulan Juli menyusul kekalahan pasar. 28 mungkin akan mengikat 3,4 triliun yuan ($ 533.000.000.000) dalam langganan, menurut median dari enam perkiraan analis yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Indeks Hang Seng tergelincir 0,3% ke level 22,697.69, jatuh untuk pertama kalinya dalam 3 hari. (sdm)

Sumber: Bloomberg